Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka)
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka)

UIN Sunan Kalijaga Yogya Gelar Program Post Doktoral

Yogyakarta — Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar International Post Doctoral Research Program. Pembukaan kegiatan ini berlangsung di Gedung Rektorat UIN Sunan Kalijaga, Selasa (18/10), dan dihadiri Dirjen Pendis Kamaruddin Amin.

International Post Doctoral Research Program ini akan dilaksanakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selama 8 (delapan) bulan. Peserta program ini berasal dari berbagai negara. Selain peserta dari dalam negeri, saat ini telah terdaftar 8 mahasiswa asing, yaitu dari negara Amerika Serikat, German, Australia, New Zealand, Turki, Iran dan Perancis.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yudian Wahyudi menyatakan, turut sertanya mahasiswa asing dalam program ini diharapkan dapat menghasilkan jurnal-jurnal internasional yang dapat mempromosikan Indonesia, khususnya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di kalangan akademisi dunia. “Melalui program ini, UIN Sunan Kalijaga dapat melahirkan guru besar yang berkualitas sekaligus mewujudkan world class Islamic Studies,” ujar Yudian.

Dirjen Pendis menyambut baik diselenggarakannya program post doktoral ini. Terlebih, kata Kamaruddin, jumlah guru besar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dirasakan masih sangat minim.

Program yang diinisiasi oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan dapat diadopsi oleh PTKIN lain di Indonesia. “Program ini sangat luar biasa, semoga dapat menjadi awal dari transformasi PTKIN dan dapat disebarkan dan diadopsi oleh PTKIN lain di Indonesia,” ujar Kamaruddin.

Acara yang dibarengi dengan Focused Group Discussion (FGD) Pengembangan Kampus II UIN Sunan Kalijaga ini juga dihadiri oleh Rektor IAIN Tulungagung, Rektor IAIN Jember, Rektor IAIN Surakarta dan Rektor IAIN Purwokerto.

 

Sumber: republika.co.id

About Khalifatus Shaliha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dosen FSEI di Tunisia

Masjid Uqbah bin Nafi di Kairouan Tunisia

BERITA-FSEI.COM, TUNISIA — Masjid jami’ kota Kairouan atau disebut juga masjid Uqbah bin Nafi’ adalah ...

Kantor Bank NTB

Bank NTB Sesuaikan Tim untuk Konversi Jadi Syariah

BERITA-FSEI.COM, MATARAM — PT Bank Pembangunan Daerah NTB (Persero) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ...

14877696_1169837639748484_1101954263_n

“Masa Kuliah” Masa Terbaik untuk Belajar Bisnis

BERITA-FSEI.COM — Dunia perkuliahan merupakan jenjang pendidikan formal tertinggi. Duduk di bangku kuliah, berarti menjadi ...

Dosen FSEI, Khairul Hamim, M.Ag di Depan gedung Universitas al-Zaitunah Tunisia

Dosen FSEI Ikuti Program ARFI di Tunisia

BERITA-FSEI.COM, TUNISIA — Kementerian Agama Republik Indonesia mengadakan program (ARFI) Academic Recharging For Islamic Higher ...

29-oktober-kkni

Menjelang UIN, FSEI gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen

BERITA-FSEI.COM, MATARAM — Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 Pasal 97 menyatakan bahwa kurikulum perguruan ...